Karena setiap pengalaman adalah Pelajaran, bukan sebatas Perjalanan #NUBackpacker

Breaking News

August 01, 2017

Contoh Laporan KKL Akuntansi ke Kantor BPKP Jatim, PT Yakult dan Wisata Bali 2017 (Versi UNNES)

Laporan KKL biasanya merupakan tugas yang harus dilaksanakan mahasiswa yang telah melakukan Kunjungan Kerja Lapangan untuk memenuhi tugas dosen, syarat skripsi dan sejenisnya. Aturan penulisan KKL suatu kampus pastinya berbeda di setiap jurusan ataupun antar kampus. Dalam contoh ini saya menganut aturan penulisan jurusan Akuntansi Universitas Negeri Semarang (UNNES) [download].
Tahun 2017 ini saya kunjungan ke kantor BPKP Jawa Timur dan PT Yakult Indonesia Persada bersama seluruh mahasiswa Akuntansi UNNES angkatan 2015.
berikut ini contoh laporan KKL Saya. Mohon maaf kalau acak-acakan, untuk file lebih tertata dapat di unduh pada link yang berada bawah postingan ini.



PENERAPAN AUDITING PADA PERWAKILAN BPKP JAWA TIMUR DAN SEKILAS TENTANG PT YAKULT INDONESIA PERSADA
LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN
untuk memenuhi sebagian persyaratan lulus Kuliah Kerja Lapangan

ALI MASKUR
7211415099



JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017


PENERAPAN AUDITING PADA PERWAKILAN BPKP JAWA TIMUR DAN SEKILAS TENTANG PT YAKULT INDONESIA PERSADA
LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN
untuk memenuhi sebagian persyaratan lulus Kuliah Kerja Lapangan





ALI MASKUR
7211415099



JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017




HALAMAN PENGESAHAN
KULIAH KERJA LAPANGAN


PENERAPAN AUDITING PADA PERWAKILAN BPKP JAWA TIMUR DAN SEKILAS TENTANG PT YAKULT INDONESIA PERSADA


Kuliah Kerja Lapangan ini dilaksanakan pada :
Hari                             : Senin-Sabtu
Tanggal                       : 24-29 Juli 2017
Objek Kunjungan        : Kantor Perwakilan BPKP Jawa Timur dan PT. Yakult indonesia Persada




Mengetahui,                                                                            Semarang,     Agustus 2017
Ketua Jurusaan Akuntansi                                                      Pembimbing KKL,


Drs. Fachrurrozie, M.Si                                                           Kiswanto, S.E., M.Si
NIP 196206231989011001                                                    NIP 198309012008121002




KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya, maka penulis dapat menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan di Surabaya-Bali pada 24-29 Juli 2017 dengan baik dan sesuai dengan rencana.
Laporan ini ditujukan sebagai pertanggungjawaban atas perjalanan KKL yang telah penulis laksanakan. Dalam laporan ini penulis mencoba untuk menguraikan mengenai profil perusahaan yang dikunjungi selama masa KKL dan memaparkan kegiatan yang dilaksanakan disana. Serta di akhir pembahasan, penulis mencantumkan saran yang dapat digunakan sebagai perbaikan dalam pelakasanaan KKL berikutnya.
Pelaksanaan dan penyusunan laporan ini tidak terlepas dari perhatian serta bantuan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada:
1.      Dr. Wahyono M.M, selaku Dekan Fakultas Ekonomi Unnes
2.      Drs. Fachrurrozie, M.Si, selaku Ketua Jurusan Akuntansi. 
3.      Kiswanto, S.E., M.Si, dan Kuat Waluyo Jati, S.E., M.Si., serta para dosen Fakultas Ekonomi yang telah membimbing, memberikan saran dan mendampingi selama masa KKL.
4.      Ketua dan seluruh panitia KKL jurusan Akuntansi, yang telah mengorbankan banyak waktu.
5.      Pihak “Duta Tour” dan segenap Tour Leadernya serta “PO. Subur Jaya” yang telah mengantarkan kami melakukan kunjungan ke objek KKL.
6.      Segenap pimpian dan karyawan BPKP Perwakilan Jawa Timur serta PT Yakult Indonesia Persada yang berkenan menerima kunjungan kami.
7.      Teman-teman mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2015.
8.      Semua Pihak yang telah membantu dalam penyelesaian.
Penulis sadar bahwa laporan ini belum sempurna. Oleh karenanya, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun yang seyogianya dapat membuat laporan ini menjadi lebih baik. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat baik kepada penulis sendiri dan kepada para pembaca secara umumnya.

Semarang,  3 Agustus 2017
                                                                                                Penulis






DAFTAR ISI

COVER ..............................................................................................................................  i
LEMBAR PENGESAHAN ..............................................................................................  ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................................  ii
DAFTAR ISI .....................................................................................................................  iv
BAB I – PENDAHULUAN
    A.    Latar Belakang Kegiatan ........................................................................................  1
    B.     Tujuan Kegiatan .....................................................................................................  2
    C.     Manfaat ..................................................................................................................  2
    D.    Rumusan Kegiatan .................................................................................................  3
BAB II – DESKRIPSI PELAKSANAAN KEGIATAN
    A.    Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur .....................................................  5
    B.     PT. Yakult Indonesia Persada ................................................................................  5
    C.     Pura Luhur Tanah lot ..............................................................................................  6
    D.    Pantai Pandawa ......................................................................................................  6
    E.     Pantai Kuta .............................................................................................................  6
    F.      Joger .......................................................................................................................  7
    G.    Danau Bedugul .......................................................................................................  7
    H.    Pasar Sukowati .......................................................................................................  7
BAB III – GAMBARAN UMUM MATERI KKL
      I.       BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur .................................................................  8
A.    Sejarah singkat BPKP ................................................................................  8
B.     Visi dan Misi ..............................................................................................  11
C.     Nilai-nilai Pionir ..........................................................................................  12
D.    Tugas dan Fungsi ........................................................................................  13
E.     Struktur Organisasi .....................................................................................  14
F.      Kegiatan .....................................................................................................  16
G.    Pendekatan dalam Melaksanakan Tugas ....................................................  17
H.    Struktur Pengawasan di Indonesia .............................................................  17
I.       Perbedaan BPKP dengan BPK ..................................................................  18
    II.    PT. Yakult Indonesia Persada
A.    Sejarah singkat  PT Yakult .........................................................................  19
B.     Produk ........................................................................................................  20
C.     Proses Produksi ..........................................................................................  20
D.    Sistem Distribusi .........................................................................................  24
BAB IV - PENUTUP
    A.    Kesimpulan .............................................................................................................  25
    B.     Saran .......................................................................................................................  25
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................................  27
LAMPIRAN
Dokumentasi ................................................................................................................  28

DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 Sejarah ringkas BPKP Indonesia .................................................................  8
DAFTAR GAMBAR, BAGAN DAN GRAFIK
Gambar 1.1 Logo badan pengawas Keuangan dan Pembangunan .............................  10
Gambar 1.2 Nilai-nilai PIONIR ..................................................................................  12
Gambar 1.3  Struktur pengawasan di Indonesia .........................................................  18
Gambar 2.1 Pabrik Yakult Sukabumi ..........................................................................  19
Gambar 2.2 Pabrik Yakult Mojokerto .........................................................................  19
Gambar 2.3 Standar prosedur sebeum melakukan proses produsi ..............................  21
Gambar 2.4 Proses Produksi Yakult ............................................................................  22
Gambar 2.5 Proses Pengolahan Limbah ......................................................................  23
Bagan 1.1 Struktur organisasi BPKP Indonesia ..........................................................  15
Bagan 1.2 Struktur Organisasi BPKP Jawa Timur Per 1 Januari 2017 .......................  16
Bagan 1.3 Kegiatan BPKP ..........................................................................................  17








BAB I
PENDAHULUAN
 
    A.    Latar Belakang Kegiatan
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah suatu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk terjun langsung dalam sebuah industri dan dunia kerja yang mungkin tidak ditemukan dikampus, sekaligus sebagai proses pembelajaran mahasiswa yang sedang membangun dan mengetahui keberhasilan dan permasalahan yang di hadapi. KKL dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan Misi dan Bobot pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapat nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi.
Mendapatkan pekerjaan adalah sesuatu yang sangat sulit. Persaingan yang ketat, lapangan pekerjaan yang sempit, dan masih banyak hal lainnya yang jadi penyebab sulitnya mendapatkan pekerjaan. Dengan adanya kuliah kerja lapangan, mahasiswa diharapkan mendapat pengalaman dalam mengenal dunia kerja, dan memahami lingkungan kerja yang baik. Hal ini tentunya membantu mahasiwa untuk mendapatkan gambaran mengenai cara kerja yang baik dan disiplin, sehingga kelak mahasiswa dapat menjadi pekerja yang handal dalam bidangnya, dan mampu untuk menembus ketatnya persaingan di dunia kerja.
Kuliah kerja lapangan di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu mata kuliah yang wajib. Kuliah kerja lapangan ini merupakan salah satu syarat untuk lulus program S1 di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Dalam kuliah kerja lapangan ini, mahasiswa dituntut untuk terjun langsung ke dalam dunia kerja, sehingga diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan dalam dunia kerja. Bagi mahasiswa, kegiatan KKL harus dirasakan sebagai pengalaman belajar yang baru yang tidak di peroleh di dalam kampus, sehingga selesainya KKL mahasiswa akan memiliki wawasan guna bekal hidup dan bersosialisasi di tengah masyarakat pada saat melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan Negara di kemudian hari.
Objek kunjungan Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan berdasarkan jurusan mahasiswa. Oleh karena itu Kuliah Kerja Lapangan Jurusan Akuntansi 2017 dilaksanakan dengan mengunjungi dua instansi keuangan pemerintah yaitu Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan juga PT. Yakult Indonesia Persada. Kunjungan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat menambah wawasan, pengalaman serta memiliki keahlian yang baik dalam dunia kerja yang berhubungan dengan akuntansi terutama dalam hubungannya Akuntansi Pemerintahan, Auditing dan Akuntansi Persediaan, sehingga saat mahasiswa lulus nanti mahasiswa diharapkan dapat bersaing dalam dunia kerja dengan mahasiswa akuntansi dari Universitas lain karena telah memiliki kemampuan, pengetahuan serta keahlian yang baik dalam bidangnya.
   B.     Tujuan Kegiatan
Kuliah Kerja Lapangan ini memiliki tujuan yang banyak dan sangat baik untuk mahasiswa jurusan akuntansi. Karena dengan adanya KKL ini, mahasiswa banyak mendapatkan manfaat seperti pengetahuan, pengalaman, dan praktik langsung dalam dunia kerja sehingga memungkinkan untuk menumbuhkanjiwa profesionalisme kerja dalam diri mahasiswa.
KKL jurusan akuntansi ini bertujuan untuk :
1.      Mahasiswa dapat membandingkan dan mencocokan teori yang telah dipelajari saat perkuliahan dengan teori yang diterapkan di lapangan, khususnya auditng dan pemeriksa keuangan.
2.      Dapat menambah pengetahuan tentang BPKP yang khususnya penerapan Auditing dan juga kaitanya dengan PT. Yakult Indonesia Persada khususnya tentang kegiatan keuangan serta proses produksinya.
3.      Mahasiswa dapat menumbuhkan karakter-karakter yang harus dimiliki pada dunia kerja nantinya.

C.    Manfaat
Hasil kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Konsentrasi Pendidikan Akuntansi 2017 diharapkan mempunyai kegunaan baik antara lain :
a)      Bagi Mahasiswa
1.) Sarana   dalam   melatih   keterampilan   mahasiswa   sesuai dengan  pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan.
2.) Kegiatan  belajar  dalam  mengenal  dinamika  dan  kondisi nyata dunia kerja.
3.) Menjadikan mahasiswa lebih aktif dalam mempelajari konsep-konsep terapan dalam akuntansi yang dapat dimanfaatkan pada dunia kerja.
4.) Mendapatkan pengetahuan baru tentang penerapan Auditing dan Akuntansi Pemerintahan di BPKP Perwakilan Jawa Timur.
5.) Mendapatkan pengetahuan tentang pengendalian proses produksi, strategi pemasaran dan tata kelola perusahaan PT. Yakult Indonesia Persada.
6.) Mendapatkan tambahan materi akuntansi yang dilakukan di obyek KKL.
b)      Bagi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi
1.)    Dapat menentukan ilmu yang diberikan telah sesuai dengan harapan dan dapat digunakan dalam dunia kerja.
2.)    Menambah wawasan dalam meningkatkan pengelolaan peningkatan pelayanan kepada mahasiswa
c)      Bagi Fakultas
1.)    Bahan pertimbangan / masukan dalam memajukan fakultas baik baik itu peningkatan mutu dalam bidang akademis maupun non-akademis.
2.)    Untuk menambah wawasan dalam pengelolaan kelembagaan fakultas, terutama dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada mahasiswa dan penigkatan kualitas proses belajar mengajar.  
d)     Bagi Universitas
Dari kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) konsentrasi Pendidikan Akuntansi 2015 dapat meningkatkan kerjasama yang baik antara pihak Universitas dan BPKP Perwakilan Jawa Timur dan PT. Yakult Indonesia Persada yang dijadikan obyek KKL.

D.    Rumusan Kegiatan
Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Semarang di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur dan PT. Yakult Indonesia Persada pada dasarnya mengenalkan mahasiswa pada dunia kerja khusunya pengawasan keuangan dan auditing serta pengetahuan manajemen produksi PT. Yakult. Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang baik dari pihak BPKP maupun dari pihak PT. Yakult. Pada kunjungan di BPKP Jawa Timur mahasiswa diterima dengan baik dan diberikan pengarahan dari pihak BPKP tentang sejarah BPKP, tugas dan fungsi, kegiatan, sistem pengawasan indonesia, perbedaan dengan BPK dan penerapan Auditing maupun Akuntansi Pemerintahan. Selain itu kami juga diajak berdiskusi bersama dan saling tanya jawab tentang BPKP.
Pada kunjungan yang kedua yaitu kunjungan di PT Yakult Indonesia Persada mahasiswa diterima oleh juru bicara PT. Yakult. Pada kunjungan ini mahasiswa mendapatkan banyak materi pengetahuan tentang apa saja yang dilakukan oleh PT Yakult, selain itu mahasiswa berkesempatan berkeliling melihat proses produksi dari awal sampai pengepakan produk dengan dijelaskan oleh juru bicara PT. Yakult.



















BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN KEGIATAN

A.    Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur
Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan di Surabaya dab Bali. Di Surabaya mahasiswa mengunjungi dua instansi yaitu Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan PT. Yakult Indonesia Persada. Sedangkan di Bali mahasiswa mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersebar di berbagai objek wisata.
Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan  Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Negeri Semarang bertujuan ke Surabaya-Bali dari tanggal 24 sampai 29 Juli 2017. Pada 24 agustus 2017, para peserta KKL diharuskan kumpul terlebih dahulu pukul 17.00 di pelataran gedung L dikarenakan untuk persiapan melaksanakan apel sekaligus pelepasan sebelum keberangkatan menuju ke Surabaya-Bali. Selepas apel, peserta melaksanakan solat magrib dan dilanjut menuju bis masing-masing. Pukul 19.00 rombongan bis KKL berangkat menuju Surabaya. Rombongan berhenti sejenak di salah satu Pom Bensin daerah Kudus untuk melakukan solat Isya sekitar jam 21.00. Sesampainya di Surabaya waktu menunjukkan pukul 03.30, rombongan transit di Hotel Grace untuk ishoma.
Hari ke-2 tertanggal 25 Juli 2017 peserta KKL check out dari Hotel Grace dan persiapan menuju objek kunjungan I yaitu BPKP Jawa Timur yang berada di Jalan Raya Bandara Juanda, Sidoarjo. Pukul 08.00 peserta KKL rombongan bis 1 berangkat mengunjungi BPKP Jawa Timur, sampai di sana sekitar jam 09.00. Disini kita disambut ramah oleh para pekerja BPKP. Sebelum materi disampaiakan, Pak Kiswanto memberikan sambutan mewakili pihak Universitas dan dilanjut sambutan Bapak Agus Setianto selaku Kepala BPKP Jawa Timur. Selanjutnya, ada penyampaian materi oleh salah satu Staf disana. Selain mendapat materi, kami juga berdiskusi bersama serta ada tanya jawab seputar BPKP dan penerapan akuntansinya.
B.     PT. Yakult Indonesia Persada
Selanjutnya kunjungan kedua, kita bersama rombongan bis 2 menuju ke PT Yakult Indonesia Persada yang terdapat tak jauh juga dari kantor BPKP. Sesampainya di kantor PT Yakult, semua peserta KKL menuju aula pertemuan dan langsung di kasih satu botol Yakult gratis. Tidak lama, datanglah Bapak juru bicara PT Yakult, beliau langsung menjelaskan materi yang telah tertera di slide dan mengajak menonton video gambaran perusahaan. Setelah penyampaian materi selesai, beliau mengajak mahasiswa keliling perusahaan untuk melihat prsses produksi dari awal sampai  siap di jual. Selama berkeliling, seluruh peserta melihat dan mendengarkan penjelasan proses dari pembibitan bakteri, pembuatan susu fermentasi, proses pembuatan botol, pengisisan ke botol hingga pengepakan produk. Selepas berkeliling, mahasiswa kembali menuju ruang aula perusahaan untuk berdiskusi dan penyampaian kesan dan pesan. Dan saat masuk kembali keruangan itu peserta kembali di kasih minuman Yakult beserta snak. Setelah selesai, rombongan di kasih cinderamata dan foto bersama di ruang loby. Pukul 16.00 semua rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bali. Kami sampai di pelabuhan Ketapang sekitar jam 01.00, selanjutnya sekitar jam 04.30 sampai di Rumah Makan Soka Indah Tabanan untuk transit.
C.    Pura Luhur Tanah Lot
Selepas transit di RM Soka Indah, jam 07.30 rombongan melanjutkan ke Objek Wisata pertama yaitu Pura Luhur Tanah Lot. Disana hanya sekitar saju jam, jam 10 kita bergegas menuju ke Pantai Pandawa. Di tengah perjalanan kami transit sebentar di Rumah Makan Mr. Kuta untuk ishoma, dan lanjut perjalanan sekitar jam 13.00.
D.    Pantai Pandawa
Kami sampai di Pantai Pandawa jam 14.00. Seperti biasa, selama perjalanan kita di beri pengetahuan baru oleh tour guide kami misal tenang tol lau, upacara ngaben, pujamanggalan dan lain sebagainya. Alhamdulillah saat di Pantai Pandawa cuaca begitu cerah dan pantai itu begitu eksotis dengan pasir putih serta air laut yang jernih.
E.     Pantai Kuta
Setelah dirasa puas menikmati keindahan Pantai Pandawa, jam 15.30 rombongan bergegas menuju ke Pantai Kuta. Karena bis tidak bisa parkir sampai ke dekat pantai, rombongan bersama-sama naik angkot khusus untuk menuju pantai. Niat kami adalah mencari sunset, namun cuaca tak begitu mendukung. Jam 18.00 kami kembali ke parkiran bus dan mampir di Krisna oleh-oleh untuk ishoma dan berbelanja. Setelah dirasa cukup, jam 19.00 kami menuju ke Hote Quest San untuk beristirahat.


F.     Joger
Hari selanjutnya, kita berkunjung ke pusat oleh-oleh Joger. Rombongan sampai di lokai jam 10.00. di Joger seluruh peserta dapat belanja bergbagai macam oleh oleh khas Joger mulai dari kaos, ganci, baju kemeja dan sebagainya.
G.    Danau Bedugul
Jam 12.00 kami bergegas ke Danau Bedugul dan sampai di lokasi sekitar 2 jam perjalanan. Di Danau Bedugul seluruh peserta KKL dapat berfoto ria di sekitar dana, memacu adrenalin dengan speedboat ataupun sebaatas menikmati pemandangan danau. Jam 15.00 robongan kembali ke Hotel untuk melanjutkan kegiatan yaitu “ Prom night”. Prom night adalah acara malam keakraban yang menampilkan berbagai penampilan baik dari mahasiswa peserta KKL maupun dosen pendamping.
H.    Pasar Sukowati
Di hari terakhir di Bali, jam 08.00 kami Check Out Hotel dan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Sukowati untuk kembali memburu oleh-oleh. Setelah dirasa cukup, jam 11.00 robongan bergegas pullang ke Semarang. Jam 16.00 kami sampai di Pelabukhan Gilimanuk untuk naik kapat feri selama sekitar satu jam. Kami melakukan merjalanan kembali ke semarangg di waktu malam dan sampi di kampus kembali jam 06.00 pagi.














BAB III
GAMBARAN UMUM MATERI KKL

I.     PERWAKILAN BPKP PROVINSI JAWA TIMUR
A.    Sejarah Singkat BPKP
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) adalah Lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan yang berupa Audit, Konsultasi, Asistensi, Evaluasi, Pemberantasan KKN serta Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kantor perwakilan BPKP Jawa Timur berada di Jl. Raya Bandara Juanda No.38, Sidoarjo, Jawa Timur.
Sejarah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tidak dapat dilepaskan dari sejarah panjang perkembangan lembaga pengawasan sejak sebelum era kemerdekaan. Secara garis besar sejarah BPKP dapat dilihat pada tabel 1.1:
Sejarah BPKP
PERATURAN PENDIRIAN
NAMA ORGANISASI
TUGAS
Besluit Nomor 44 tanggal 31 Oktober 1936
Djawatan Akuntan Negara (Regering Accountantsdienst)
Penelitian terhadap pembukuan dari berbagai perusahaan negara dan jawatan tertentu
Perpres 9 Tahun 1961
Djawatan Akuntan Negara (DAN)
Sebagai akuntan bagi pemerintah atas semua departemen, jawatan, dan instansi di bawah kekuasaannya
Keppres 239 Tahun 1966
Direktorat Djendral Pengawasan Keuangan Negara (DDPKN)
Pengawasan anggaran dan pengawasan badan usaha/jawatan
Keppres 31/1983 tanggal 30 Mei 1983
Badann Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
Melaksanakan tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional
Keppres 103/2001 yang telah diubah terakhir dengan Perpres 192/2014
Tabel 1.1 Sejarah ringkas BPKP Indonesia
Dengan Besluit Nomor 44 tanggal 31 Oktober 1936 secara eksplisit ditetapkan bahwa Djawatan Akuntan Negara (Regering Accountantsdienst) bertugas melakukan penelitian terhadap pembukuan dari berbagai perusahaan negara dan jawatan tertentu. Dengan demikian, dapat dikatakan aparat pengawasan pertama di Indonesia adalah Djawatan Akuntan Negara (DAN). Secara struktural DAN yang bertugas mengawasi pengelolaan perusahaan negara berada di bawah Thesauri Jenderal pada Kementerian Keuangan.
Dengan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 1961 tentang Instruksi bagi Kepala Djawatan Akuntan Negara (DAN), kedudukan DAN dilepas dari Thesauri Jenderal dan ditingkatkan kedudukannya langsung di bawah Menteri Keuangan. DAN merupakan alat pemerintah yang bertugas melakukan semua pekerjaan akuntan bagi pemerintah atas semua departemen, jawatan, dan instansi di bawah kekuasaannya. Sementara itu fungsi pengawasan anggaran dilaksanakan oleh Thesauri Jenderal. Selanjutnya dengan Keputusan Presiden Nomor 239 Tahun 1966 dibentuklah Direktorat Djendral Pengawasan Keuangan Negara (DDPKN) pada Departemen Keuangan. Tugas DDPKN (dikenal kemudian sebagai DJPKN) meliputi pengawasan anggaran dan pengawasan badan usaha/jawatan, yang semula menjadi tugas DAN dan Thesauri Jenderal.
DJPKN mempunyai tugas melaksanakan pengawasan seluruh pelaksanaan anggaran negara, anggaran daerah, dan badan usaha milik negara/daerah. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 70 Tahun 1971 ini, khusus pada Departemen Keuangan, tugas Inspektorat Jendral dalam bidang pengawasan keuangan negara dilakukan oleh DJPKN.
Dengan diterbitkan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1983 tanggal 30 Mei 1983. DJPKN ditransformasikan menjadi BPKP, sebuah lembaga pemerintah non departemen (LPND) yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Salah satu pertimbangan dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1983 tentang BPKP adalah diperlukannya badan atau lembaga pengawasan yang dapat melaksanakan fungsinya secara leluasa tanpa mengalami kemungkinan hambatan dari unit organisasi pemerintah yang menjadi obyek pemeriksaannya. Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1983 tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah telah meletakkan struktur organisasi BPKP sesuai dengan proporsinya dalam konstelasi lembaga-lembaga Pemerintah yang ada. BPKP dengan kedudukannya yang terlepas dari semua departemen atau lembaga sudah barang tentu dapat melaksanakan fungsinya secara lebih baik dan obyektif.
Tahun 2001 dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 103 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen sebagaimana telah beberapa kali diubah,terakhir dengan Peraturan Presiden No 64 tahun 2005. Dalam Pasal 52 disebutkan, BPKP mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
            Gambar 1.1 Logo Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan

Pendekatan yang dilakukan BPKP diarahkan lebih bersifat preventif atau pembinaan dan tidak sepenuhnya audit atau represif. Kegiatan sosialisasi, asistensi atau pendampingan, dan evaluasi merupakan kegiatan yang mulai digeluti BPKP. Sedangkan audit investigatif dilakukan dalam membantu aparat penegak hukum untuk menghitung kerugian keuangan negara.
Pada masa reformasi ini BPKP banyak mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan pemda dan departemen/lembaga sebagai mitra kerja BPKP. MoU tersebut pada umumnya membantu mitra kerja untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mencapai good governance.
Sesuai arahan Presiden RI tanggal 11 Desember 2006, BPKP melakukan reposisi dan revitalisasi fungsi yang kedua kalinya. Reposisi dan revitalisasi BPKP diikuti dengan penajaman visi, misi, dan strategi. Visi BPKP yang baru adalah "Auditor Intern Pemerintah yang Proaktif dan Terpercaya dalam Mentransformasikan Manajemen Pemerintahan Menuju Pemerintahan yang Baik dan Bersih".
Pada akhir 2014, sekaligus awal pemerintahan Jokowi, peran BPKP ditegaskan lagi melalui Peraturan Presiden Nomor 192 Tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. BPKP berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden dengan tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/ daerah dan pembangunan nasional.
Selain itu Presiden juga mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor  9 Tahun 2014 tentang Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat dengan menugaskan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan pengawasan dalam rangka meningkatkan penerimaan negara/daerah serta efisiensi dan efektivitas anggaran pengeluaran negara/ daerah, meliputi:
a. audit dan evaluasi terhadap pengelolaan penerimaan pajak, bea dan cukai;
b. audit dan evaluasi terhadap pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak pada Instansi Pemerintah, Badan Hukum lain, dan Wajib Bayar;
c. audit dan evaluasi terhadap pengelolaan Pendapatan Asli Daerah; d. audit dan evaluasi terhadap pemanfaatan aset negara/ daerah;
e. audit dan evaluasi terhadap program/kegiatan strategis di bidang kemaritiman, ketahanan energi, ketahanan pangan, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan;
f. audit dan evaluasi terhadap pembiayaan pembangunan nasional/daerah;
g. evaluasi terhadap penerapan sistem pengendalian intern dan sistem pengendalian kecurangan yang dapatmencegah, mendeteksi, dan menangkal korupsi;
h. audit investigatif terhadap penyimpangan yang berindikasi merugikan keuangan negara/daerah untuk memberikan dampak pencegahan yang efektif;
i. audit dalam rangka penghitungan kerugian keuangan negara/daerah dan pemberian keterangan ahli sesuai dengan peraturan perundangan.

B.     Visi dan Misi BPKP
Visi

Auditor Presiden yang responsif, interaktif dan terpercaya untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan negara yang berkualitas

Misi

1.      Menyelenggarakan Pengawasan Intern terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara dan Pembangunan Nasional guna Mendukung Tata Kelola Pemerintahan dan Korporasi yang Bersih dan Efektif;

2.      Membina Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang Efektif; dan

3.      Mengembangkan Kapasitas Pengawasan Intern Pemerintah yang Profesional dan Kompeten

4.      Menyelenggarakan sistem dukungan pengambilan keputusan yang andal bagi presiden/pemerintah.

C.    Nilai-nilai BPKP (PIONIR)
Setiap organisasi memiliki nilai-nilai luhur untuk mengendalikan organisasi itu yang merupakan suatu identitas khusus. BPKP memiliki beberapa nilai-nilai yang disebut PIONIR, yaitu:
Gambar 1.2 Nilai-nilai PIONIR
  1. Profesional, yaitu memiliki standar profesi, etika dan keahlian yang mumpuni.
  2. Integritas, yaitu dipercaya oleh nasabah sebagai lembaga yang baik dan memberikan pelayanan yang prima.
  3. Orientasi Pengguna, yaitu memberikan pelayanan/jasa yang berorientasi pada pengguna.
  4. Nurani dan Akal Sehat, yaitu memiliki nurani dan akal sehat sehingga dalam memberikan pelayan dengan senang hati dari lubuhk hati terdalam.
  5. Independen, yaitu kepada pihak lain harus bersikap independen sehingga tidak terikat dengan suatu pihak.
  6. Responsibel, yaitu cepat tanggap serta bertanggungjawab.
D.    Tugas dan Fungsi
Sesuai dengan Pasal 2 dan 3 Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 192 Tahun 2014 Tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). BPKP mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional.
Dalam melaksanakan tugasnya, BPKP menyelenggarakan fungsi:
1.      Perumusan kebijakan nasional pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional meliputi kegiatan yang bersifat lintas sektoral, kegiatan kebendaharaan umum negara berdasarkan penetapan oleh Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara, dan kegiatan lain berdasarkan penugasan dari Presiden;
  1. Pelaksanaan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban akuntabilitas penerimaan negara/daerah dan akuntabilitas pengeluaran keuangan negara/daerah serta pembangunan nasional dan/atau kegiatan lain yang seluruh atau sebagian keuangannya dibiayai oleh anggaran negara/daerah dan/atau subsidi termasuk badan usaha dan badan lainnya yang didalamnya terdapat kepentingan keuangan atau kepentingan lain dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah serta akuntabilitas pembiayaan keuangan negara/ daerah;
  2. Pengawasan intern terhadap perencanaan dan pelaksanaan pemanfaatan aset negara/daerah;
  3. Pemberian konsultansi terkait dengan manajemen risiko, pengendalian intern, dan tata kelola terhadap instansi/badan usaha/badan lainnya dan program/ kebijakan pemerintah yang strategis;
  4. Pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program dan/atau kegiatan yang dapat menghambat kelancaran pembangunan, audit atas penyesuaian harga, audit klaim, audit investigatif terhadap kasus-kasus penyimpangan yang berindikasi merugikan keuangan negara/daerah, audit penghitungan kerugian keuangan negara/daerah, pemberian keterangan ahli,dan upaya pencegahan korupsi;
  5. Pengoordinasian dan sinergi penyelenggaraan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional bersama-sama dengan aparat pengawasan intern pemerintah lainnya;
  6. Pelaksanaan reviu atas laporan keuangan dan laporan kinerja pemerintah pusat;
  7. Pelaksanaan sosialisasi, pembimbingan, dan konsultansi penyelenggaraan sistem pengendalian intern kepada instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan badan-badan yang di dalamnya terdapat kepentingan keuangan atau kepentingan lain dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah;
  8. Pelaksanaan kegiatan pengawasan berdasarkan penugasan Pemerintah sesuai peraturan perundang-undangan;
  9. Pembinaan kapabilitas pengawasan intern pemerintah dan sertifikasi jabatan fungsional auditor;
  10. Pelaksanaan pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan di bidang pengawasan dan sistem pengendalian intern pemerintah;
  11. Pembangunan dan pengembangan, serta pengolahan data dan informasi hasil pengawasan atas penyelenggaraan akuntabilitas keuangan negara Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah;
  12. Pelaksanaan pengawasan intern terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di BPKP; dan
  13. Pembinaan dan pelayanan administrasi umum di bidang perencanaan umum, ketatausahaan, organisasi dan tatalaksana, kepegawaian, keuangan, kearsipan, hukum, kehumasan, persandian, perlengkapan dan rumah tangga.     
E.     Struktur Organisasi
Dalam menjalankan fungsinya, BPKP memiliki susunan organisasi sebagaimana terlihat dalam bagan Struktur Organisasi berikut:
Bagan 1.1 Struktur organisasi BPKP Indonesia
Dalam sruktur organisasi BPKP Pusat meliputi Kepala, lalu dibawahnya ada Sekretariat Utama. Selanjutnya, membawahi berbagai Deputi yang meliputi:
-          Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintaha Bidang Perekonomian dan Kemaritiman
-          Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintaha Bidang Polhumkam, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
-          Deputi Bidang Pengawasan Penyeenggaraan Keuangan Daerah
-          Deputi Bidang Akuntan negara
-          Deputi Bidang Investigasi
Selain berbagai Deputi diatas, Kepala juga membawahi Inspektorat, Pusdiklatwas, Pusdikbangwas, Pusinfowas dan Pusbin JFA. Baru setelah itu, di jajaran paling bawah yaitu Perwakilan BPKP.
Berikut ini adalah Struktur Organisasi Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur:
o   Kepala Perwakilan: Agus Setianto
o   Kabag. TU: Gandamana Rantjalobo
o   Kasubag Keuangan: Sumardi
o   Kasubag Kepegawaian: Anang Dermawan
o   Kasubag Umum: Apep Amirudin
Secara ringkas dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 1.3 Struktur Organisasi Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur per 1 Januari 2017

F.     Kegiatan BPKP
Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memiliki 4 kegiatan utama, yaitu:
1.      Audit
Mengaudit APBN, Kinerja BUMN/D, Pinjaman Hibah Luar Negeri (PHLN), Penerimaan Negara, Investigasi, dll.
2.      Konsultasi, Asistensi dan Evaluasi
Meliputi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP), Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Good Corporate Governence BUMN/D, dll
3.      Pemberantasan KKN
Meliputi Sosialisasi Program anti Korupsi (SOSPAK), Perhitungan Kerugian keuangan Negara (PKKN), Front Control Planning (FCP), dll
4.      Diklat Pengawasan
Meliputi Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor (JFA), Sertifikasi JFA, dll.
Bagan 1.2 Kegiatan BPKP

G.    Pendekatan Dalam Pelaksanaan Tugas
Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, BPKP menggunakan pendekatan berikut ini:
1.      Preventif (consulting)
Dengan melakukan sosialisasi/seminar, pendampingan dan Focus Group Discussion.
2.      Represif (assurance)
Dengan melakukan Audit, evaluasi, reviu dan pemantauan serta perhitungan kerugian keuangan negara.

H.    Struktur Pengawasan di Indonesia
Di Lembaga Eksekutif Pemerintahan ada berbagai lembaga pengawasan (APIP) internal, yaitu BPKP yang setingkat dengan Kementrian. Kementrian itu sendiri juga memiliki pengawasan sendiri yang disebut Itjen (Inspektorat Jendral). Selanjutnya, di tingkat provinsiatau kota juga terdapat Inspektorat Prov/Kab/Kota. Di pengawasan ekternal pemerintahan meliputi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Masyarakat secara langsung.
                         Gambar 1.4 Struktur Pengawasan di Indonesia

I.       Perbedaan BPKP dengan BPK
BPKP adalah aparat pengawasan intern pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebagaimana diamanatkan dalam dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), BPKP melakukan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara atas kegiatan tertentu yang meliputi:
a.    kegiatan yang bersifat lintas sektoral;
b.    kegiatan kebendaharaan umum negara berdasarkan penetapan oleh Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara; dan
c.    kegiatan lain berdasarkan penugasan dari Presiden.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 192 Tahun 2014 Tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyebutkan bahwa BPKP mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional.
BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara (UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan).
BPK menyerahkan hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara kepada DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya.    

II.  PT YAKULT INDONESIA PERSADA
A.    Sejarah Singkat PT Yakut Indonesia Persada
PT Yakult Indonesia Persada berdiri sejak 2 Februari 1990 dan mulai melakukan produksi pada Januari 1991. Perusahaan ini berstatus PMA 100% sebagai pemegang lisensi dari Yakult Honsha Co., Ltd., Jepang. Kantor pusat perusahaan ini berada di Gedung Antam Office Park Tower B Lt. 16, Jl. T.B. Simatupang No. 1, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Perusahaan ini memiliki dua lokasi produksi, yaitu:
§ Desa Pesawahan Cicurug, Sukabumi - Jawa Barat
Pabrik ini mulai beroperasi sejak 1 April 1997 dengan luas tanah 50.000 m2 dan luas bangunan 12.925 m2. Kapasitas produksinya yaitu 3.650.000 botol tiap hari.
§ Ngoro Industrial Park, Mojokerto – Jawa Timur
Pabrik ini mulai beroperasi sejak 20 Januari 2014 dengan luas tanah 52.500 m2 dan luas bangunan 9.458,78 m2. Kapasitas produksinya yaitu 3.650.000 botol tiap hari.
Gambar 2.1 Pabrik Yakult Sukabumi             Gambar 2.2 Pabrik Yakult Mojokerto

Bersama dengan perusahaan Yakult di seluruh dunia, Yakult Indonesia berusaha untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan bahagia. Yakult Adalah minuman susu fermentasi yang mengandung bakteri bermanfaat L/ casei Shirota strain hidup. Pada tahun 1930 Dr. Minoru Shirota, seorang dokter lulusan Kyoto Imperial University-Jepang, berhasil menemukan bakteri asam laktat yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri merugikan yang hidup di dalam usus manusia. Bakteri ini kemudian dinamakan Lactobacillus casei Shirota strain. Bakteri ini memiliki berbagai keunggulan, diantaranya terbukti aman bagi manusia, tahan asam lambung & cairan empedu, tetap hidup sampai di usus kecil dan terbukti bermanfaat.
Untuk mendukung usaha penelitian pada bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, pada tahun 1967 didirikan Pusat Penelitian Mikrobiologi Yakult (Yakult Central Institute) di Tokyo, Jepang. Yakult Institute telah melakukan beragam penelitian untuk mengembangkan produk-produk dengan menggunakan bakteri yang bermanfaat.

B.     Produk Yakult
Yakult adalah minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei Shirota strain yang dapat mencapai usus dalam keadaan hidup.S atu botol minuman Yakult mengandung 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain yang bermanfaat untuk membantumenjaga kesehatanpencernaan dan menekan pertumbuhan bakteri merugikan di dalam pencernaan. Minuman ini menggunakan berbagai bahan baku meliputi: air, sukrosa, susu bubuk skim, dekstrosa, perisa identik alami dan kultur bakteri asam laktat (Lactobacillus casei Shirota strain)
Lactobacillus casei Shirota strain yang terdapat dalam minuman Yakult memiliki manfaat untuk membantu:
-          Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus
-          Menekan pertumbuhan bakteri merugikan
-          Mengurangi racun dalam tubuh
-          Mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare
-          Meningkatkan kualitas kekebalan tubuh
Produk Yakult juga memiliki berbagai keistimewaan yaitu tanpa zat pengawet dan pewarna, satu rasa dan satu warna, dibuat secara hyginis dan telah berstandar ISO 22000 : 2005.

C.    Proses Produksi
Setiap tahapan proses produksi Yakult harus memenuhi standar internasional secara ketat dan higienis untuk menjamin kualitas produk dan proses produksi dilakukan dengan cara-caraa yang ramah lingkungan. Pabrik Yakult menggunakan mesin otomatis dan sistem tertutup, yang merupakan standar bagi seluruh pabrik Yakult di penjuru dunia dan seluruh perlengkapan produksi menggunakan bahan stainless steel terbaik yang berkualitas.
Untuk  menghasilkan produk yang aman dengan kualitas terbaik, Yakult Indonesia menerapkan proses produksi berdasarkan manajemen keamanan pangan sesuai standar ISO 22000:2005. Selain itu, Yakult juga mengambil tindakan lebih lanjut dalam menerapkan sistem manajemen kualitas sendiri yang ketat berdasarkan standar sertifikasi tersebut. Dengan demikian, perusahaan telah menciptakan jaminan kualitas yang tinggi untuk menghasilkan produk yang aman dan berkualitas.
Gambar 2.3 Standar prosedur sebeum melakukan proses produsi

Agar menjamin proses produksi serta penanaganan pruduk Yakult yang benar-benar higienis, perusahaan menerapkan suatu standar prosedur yang dibakukan. Sebagai cuntoh, pintu masuk karyawan dilengkapi dengan pembersih sepatu otomatis. Selain itu, pintu-pintu di ruang produksi hanya dapat dibuka apabila karyawan telah mencucihamakan kedua tangannya. Setelah itu sebelum memasuki ruang produksi, karyawan kami harus melalui air shower, yang berfungsi untuk membersihkan pakaian mereka dari kotoran yang menempel.
Gambar 2.4 Proses Produksi Yakult

Proses produksi Yakult terbagi menjadi 8, yaitu:
Ø  Proses pembuatan Seed Starter (Proses A)
Skim milk powder dan Glukosa dilarutkan dengan air kemudian disterilisasi dan difermentasi dengan penambahan Lactobacillus casei Shirota strain di dalam tangki pembibitan (seed tank).
Ø  Proses Pembuatan Susu Fermentasi (Proses B)
-          Susu bubuk skim dan glukosa di tuang ke dalam Silo
-          Susu bubuk skim dan glukosa dari Silo Tank selanjutnya dilarutkan menggunakan air panas di dalam Disolving Tank
-          Setelah proses pelarutan sempurna, larutan difilter dan ditransfer ke mesin Ultra High Temperature (UHT) untuk disterilisasi dengan temperatur tertentu. Dari mesin UHT selanjutnya larutan susu steril ini ditransfer ke Culture Tank.
-          Untuk mendapatkan warna khas Yakult , susu dipanaskan dengan temperatur tertentu
-          Proses penambahan seed starter (lihat proses A)
-          Proses fermentasi sejak proses seeding sampai didapatkannya suatu standar mutu yang ditetapkan
-          Susu fermentasi yang telah memenuhi standar mutu selanjutnya dihomogenisasi mengguankan mesin homogenizer
Ø  Proses Pembuatan Sirup (Proses C)
-          Sukrosa (gula rafinasi) di tuang ke dalam Silo Tank
-          Sukrosa (gula rafinasi) dari Silo Tank selanjutnya dilarutkan menggunakan air panas di dalam Disolving Tank
-          Setelah larut sempurna, sirup di tranfer ke mesin HTST (Hight Temperatur Short Time) untuk di sterilisasi
Ø  Proses Mixing-1 (Proses D)
Proses mixing-1 adalah proses dimana susu fermentasi dari mesin Homogenizer (Hasil proses B) ditransfer ke Storage Tank yang sudah berisi denngan sirup steril (Hasil Proses C). Hasil dari proses ini disebut sebagai Yakult Concertate (YACON).
Ø  Proses Sterilisasi Air (Proses E)
Air yang sudah mendapatkan perlakuan awal selanjutnya disterilisasi dengan mesin ultraviolet (UV) dan ditampung sebagai AIR STERIL di dalam Water Tank.
Ø  Proses Pembotolan dan Pengepakan
-          Botol-botol Polistyrene dihasilkan oleh mesin Moulding, Yakult dibotolkan secsrs otomatis oleh mesin pengisi dn ditutup dengan alumunium foil. Setiap botol Yakult memiliki volume 65 ml
-          Yakult yang sudah dibotolkan kemudian selanjutnya dikemas menggunakan botol Multi yang terdiri dari 5 botol/pak dan dikemas lagi menjadi kemasan Repack yang terdiri dari 10 pak multi/pak (=50 botol)
Ø  Penyimpanan Dingin
Yakult yang sudah dikemas selanjutnya disimpan dalam “COLD STORAGE”.

Gambar 2.5 Proses Pengolahan Limbah
                 
                  Untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, pabrik Yakult Indonesia telah membangun sistem pengelolahan air limbah dengan mengguanakan teknologi yang diciptakan oleh Yakult Jepang. Sistem ini menggunakan botol Yakult tanpa dasar yang diletakkan dalam tangki pengolahan limbah dimana kemudian beragam mikroorganisme menempati bagian dalam dan luar botol Yakult tersebut. Mikroorganisme ini mengurai ddan mengolah zat-zatorganik yang membuat keruh air sehingga menghaasilkan air yang jernih.

D.    Sistem Distribusi
Disamping mengirimkan dan menjelaskan manfaat Yakult, perusahaan berkewajiban menjaga mutu terrbaik produk. Oleh karena itu, perusahaan mengawasi langsung penanganan produk sejak selesai diproduksi hingga sampai ke tangan pelanggan. Perusahaan Yakult mengunakan dua sistem distribusi, yaitu direct sales dan yakult lady.
§  Direct Sales
Untuk menjamin ketersediaan Yakult di supermarket, minimarket, toko, kantin dan gerai lainnya, staff penjualan perusahaan menggunakan kendaraan berrpendingin, ke seluruh wilayah yang tersebar di pullau Jawa, Madura, Bali, NTB, Sumatera, Batam, Bangka, Kalimantan dan Sulawesi.
Selain itu, staff penjualan perusahaan juga memberikan penjelasan mengenai manfaat Yakult kepada pelanggan menggunakn kegiatan sampling di beberapa supermarket besar, serta penempatan sales promotion di supermarket untuk memberikan penjelasan kepada pelanggan.
§  Yakult Lady
Agar dapat mengirimkan Yakult dengan kualitas terbik dimanapun dan kapanpun, diciptakan sistem pengiriman melalui Yakult Lady, yang mengantarkan Yakult langsung ke tangan pelanggan walau hanya 1 botol.
Selain mengantarkan Yakult, para Yakult Lady juga melakukan kaomunikasi dan memberikan informasi kesehatan kepada pelanggan, sehingga Yakult Lady disebut pula sebagai “Pusat Informasi Berjalan”. Sistem Yakult Lady ini tersebar di pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera. Batam, Bangka, Kalimantan dan Sulawesi.





BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu program yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan untuk mahasiswa semester empat. KKL yang diselenggarakan selama enam hari di kawasan Surabaya-Bali ini selain dimanfaatkan mengunjungi instansi pemerintahan dan perusahaan seperti Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta PT Yakult, namun juga meliputi kegiatan wisata ke Tanah Lot, Pantai Pandawa, Pantai Kuta, Danau Bedugul, Joger dan Pasar Sukowati.
            Dari kunjungan pertama ke Perwakilan BPKP Jawa Timur, mahasiswa dapat mengetahui apa itu BPKP, struktur organisasi, kegiatan, tugas serta sedikit pemahaman mengenai penerapan akuntansi pemerintahan serta auditing di BPKP. Kunjungan ke dua ke PT. Yakult Indonesia Persada, mahasiswa mendapat banyak ilmu baru tentang sejarah, proses produksi, pengolahan limba serta manajemen distribusi di PT Yakult.
            Selain itu, dengan serangkaian kegiatan wisata serta hiburan selama KKL berlangsung, mahasiswa saling menjalin hubungan yang lebih akrab satu sama lainnya baik antar kelas maupun antar bus. Sehingga tercipta rasa kebersamaan yang mungkin sulit dirasakan jika saja KKL tidak terlaksana.
B.     SARAN
Dari pelaksanaan  KKL  yang  telah  dijalani,  penulis  memiliki  beberapa saran yang diharapkan dapat menjadi masukan demi perbaikan pelaksanaan program ini di masa mendatang, diantaranya:
1.      Pihak Universitas diharapkan dapat mempersiapkan program ini lebih matang sehingga tidak terkesan mendadak dan apa yang menjadi tujuan dari program ini benar-benar dapat dirasakan oleh mahasiswa.
2.      Dalam  pemilihan  tempat  kunjungan,  sebaiknya  memilih  tempat  yang sesuai dengan bidang studi yang dijalani mahasiswa sehingga apa yang didapat selama program berlangsung sejalan dengan yang diharapkan mahasiswa.
3.      Di masa mendatang diharapkan pihak Universitas dan Fakultas sendiri yang merancang dan mengagendakan program ini secara detail sehingga ketika pelaksanaannya, setiap kegiatan yang berlangsung memiliki porsi yang pas dan merata sesuai dengan waktu pelaksanaan yang telah dialokasikan dan kejadian yang terjadi tahun ini dimana kegiatan wisata lebih mendominasi dibandingkan kegiatan intinya (kunjungan ke perusahaan) tidak terulang kembali.
 


DAFTAR PUSTAKA


LAMPIRAN
DOKUMENTASI

Suasana Penyampaian materi di kantor BPKP

Foto bersama pihak BPKP Jawa Timur
Suasana KKL di PT Yakult

Penyampaian materi di PT Yakult
Foto bersama pihak PT Yakult

Foto bersama di Objek Pura Luhur Tanah Lot
Foto bersama di Pantai Pandawa

Foto bersama saat Prom Night


Sekian contoh laporan KKL saya, untuk versi pdf dengan tata letak rapih, foto, dll dapat di download disini 
Terimakasih atas kunjungannya

No comments:

Post a Comment

Designed By: Ali Maskur Nt