Tahun 2017 ini saya kunjungan ke kantor BPKP Jawa Timur dan PT Yakult Indonesia Persada bersama seluruh mahasiswa Akuntansi UNNES angkatan 2015.
berikut ini contoh laporan KKL Saya. Mohon maaf kalau acak-acakan, untuk file lebih tertata dapat di unduh pada link yang berada bawah postingan ini.
PENERAPAN
AUDITING PADA PERWAKILAN BPKP JAWA TIMUR DAN SEKILAS TENTANG PT YAKULT
INDONESIA PERSADA
LAPORAN
KULIAH KERJA LAPANGAN
untuk memenuhi sebagian persyaratan lulus Kuliah Kerja Lapangan
ALI MASKUR
7211415099
JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017
PENERAPAN
AUDITING PADA PERWAKILAN BPKP JAWA TIMUR DAN SEKILAS TENTANG PT YAKULT
INDONESIA PERSADA
LAPORAN
KULIAH KERJA LAPANGAN
untuk memenuhi sebagian persyaratan lulus Kuliah Kerja Lapangan
ALI MASKUR
7211415099
JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017
HALAMAN PENGESAHAN
KULIAH KERJA LAPANGAN
PENERAPAN
AUDITING PADA PERWAKILAN BPKP JAWA TIMUR DAN SEKILAS TENTANG PT YAKULT
INDONESIA PERSADA
Kuliah Kerja Lapangan
ini dilaksanakan pada :
Hari : Senin-Sabtu
Tanggal : 24-29 Juli 2017
Objek Kunjungan : Kantor Perwakilan BPKP Jawa Timur dan
PT. Yakult indonesia Persada
Mengetahui, Semarang, Agustus 2017
Ketua Jurusaan
Akuntansi Pembimbing
KKL,
Drs. Fachrurrozie, M.Si Kiswanto,
S.E., M.Si
NIP 196206231989011001 NIP
198309012008121002
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur penulis panjatkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya, maka penulis dapat
menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan di Surabaya-Bali
pada 24-29 Juli 2017 dengan baik dan
sesuai dengan rencana.
Laporan ini ditujukan sebagai
pertanggungjawaban atas perjalanan KKL yang telah penulis laksanakan. Dalam laporan ini penulis
mencoba untuk menguraikan mengenai profil perusahaan yang dikunjungi selama
masa KKL dan memaparkan kegiatan yang dilaksanakan disana. Serta di akhir
pembahasan, penulis mencantumkan saran yang dapat digunakan sebagai perbaikan
dalam pelakasanaan KKL berikutnya.
Pelaksanaan dan penyusunan laporan ini
tidak terlepas dari perhatian serta bantuan dari beberapa pihak. Oleh karena
itu, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada:
1.
Dr. Wahyono M.M,
selaku Dekan Fakultas Ekonomi Unnes
2.
Drs. Fachrurrozie, M.Si,
selaku Ketua Jurusan Akuntansi.
3.
Kiswanto, S.E., M.Si, dan Kuat Waluyo Jati, S.E., M.Si., serta para dosen Fakultas Ekonomi yang telah membimbing, memberikan saran
dan mendampingi selama masa KKL.
4.
Ketua dan
seluruh panitia KKL jurusan Akuntansi, yang telah mengorbankan banyak waktu.
5.
Pihak “Duta
Tour” dan segenap Tour Leadernya serta “PO. Subur Jaya” yang telah mengantarkan
kami melakukan kunjungan ke objek KKL.
6.
Segenap pimpian
dan karyawan BPKP Perwakilan Jawa Timur serta PT Yakult Indonesia Persada yang
berkenan menerima kunjungan kami.
7.
Teman-teman
mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2015.
8.
Semua Pihak yang
telah membantu dalam penyelesaian.
Penulis sadar bahwa laporan ini belum
sempurna. Oleh karenanya, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun
yang seyogianya dapat membuat laporan ini menjadi lebih baik. Semoga laporan
ini dapat memberikan manfaat baik kepada penulis sendiri dan kepada para
pembaca secara umumnya.
Semarang, 3 Agustus 2017
Penulis
DAFTAR ISI
COVER .............................................................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN .............................................................................................. ii
KATA PENGANTAR ....................................................................................................... ii
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... iv
BAB I –
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Kegiatan ........................................................................................ 1
B. Tujuan Kegiatan ..................................................................................................... 2
C. Manfaat .................................................................................................................. 2
D. Rumusan Kegiatan ................................................................................................. 3
BAB II –
DESKRIPSI PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur ..................................................... 5
B. PT. Yakult Indonesia Persada ................................................................................ 5
C. Pura Luhur Tanah lot .............................................................................................. 6
D. Pantai Pandawa ...................................................................................................... 6
E. Pantai Kuta ............................................................................................................. 6
F. Joger ....................................................................................................................... 7
G. Danau Bedugul ....................................................................................................... 7
H. Pasar Sukowati ....................................................................................................... 7
BAB III –
GAMBARAN UMUM MATERI KKL
I. BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur ................................................................. 8
A. Sejarah singkat BPKP ................................................................................ 8
B. Visi dan Misi .............................................................................................. 11
C. Nilai-nilai Pionir .......................................................................................... 12
D. Tugas dan Fungsi ........................................................................................ 13
E. Struktur Organisasi ..................................................................................... 14
F.
Kegiatan ..................................................................................................... 16
G. Pendekatan dalam Melaksanakan Tugas .................................................... 17
H. Struktur Pengawasan di Indonesia ............................................................. 17
I.
Perbedaan BPKP dengan BPK .................................................................. 18
II. PT. Yakult Indonesia Persada
A. Sejarah singkat PT Yakult ......................................................................... 19
B. Produk ........................................................................................................ 20
C. Proses Produksi .......................................................................................... 20
D. Sistem Distribusi ......................................................................................... 24
BAB IV -
PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................................................. 25
B. Saran ....................................................................................................................... 25
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................................ 27
LAMPIRAN
Dokumentasi
................................................................................................................ 28
DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 Sejarah ringkas BPKP Indonesia ................................................................. 8
DAFTAR GAMBAR,
BAGAN DAN GRAFIK
Gambar 1.1 Logo badan pengawas Keuangan dan Pembangunan ............................. 10
Gambar 1.2 Nilai-nilai PIONIR .................................................................................. 12
Gambar 1.3 Struktur pengawasan di
Indonesia ......................................................... 18
Gambar 2.1 Pabrik Yakult Sukabumi .......................................................................... 19
Gambar 2.2 Pabrik Yakult Mojokerto ......................................................................... 19
Gambar 2.3 Standar prosedur sebeum melakukan proses
produsi .............................. 21
Gambar 2.4 Proses Produksi Yakult ............................................................................ 22
Gambar 2.5 Proses Pengolahan Limbah ...................................................................... 23
Bagan 1.1 Struktur organisasi BPKP Indonesia .......................................................... 15
Bagan 1.2 Struktur Organisasi BPKP Jawa Timur Per 1 Januari 2017 ....................... 16
Bagan 1.3 Kegiatan BPKP .......................................................................................... 17
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Kegiatan
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah suatu
bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk
terjun langsung dalam sebuah industri dan dunia kerja yang mungkin tidak
ditemukan dikampus, sekaligus sebagai proses pembelajaran mahasiswa yang sedang
membangun dan mengetahui keberhasilan dan permasalahan yang di hadapi. KKL
dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan Misi dan Bobot
pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapat nilai tambah yang lebih besar pada
pendidikan tinggi.
Mendapatkan pekerjaan adalah sesuatu
yang sangat sulit. Persaingan yang ketat, lapangan pekerjaan yang sempit, dan
masih banyak hal lainnya yang jadi penyebab sulitnya mendapatkan pekerjaan.
Dengan adanya kuliah kerja lapangan, mahasiswa diharapkan mendapat pengalaman
dalam mengenal dunia kerja, dan memahami lingkungan kerja yang baik. Hal ini
tentunya membantu mahasiwa untuk mendapatkan gambaran mengenai cara kerja yang
baik dan disiplin, sehingga kelak mahasiswa dapat menjadi pekerja yang handal dalam
bidangnya, dan mampu untuk menembus ketatnya persaingan di dunia kerja.
Kuliah kerja lapangan di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu mata kuliah yang wajib. Kuliah
kerja lapangan ini merupakan salah satu syarat untuk lulus program S1 di Jurusan
Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Dalam kuliah kerja lapangan ini,
mahasiswa dituntut untuk terjun langsung ke dalam dunia kerja, sehingga
diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama
perkuliahan dalam dunia kerja. Bagi mahasiswa, kegiatan KKL harus dirasakan
sebagai pengalaman belajar yang baru yang tidak di peroleh di dalam kampus,
sehingga selesainya KKL mahasiswa akan memiliki wawasan guna bekal hidup dan
bersosialisasi di tengah masyarakat pada saat melaksanakan pengabdian kepada
bangsa dan Negara di kemudian hari.
Objek
kunjungan Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan berdasarkan jurusan mahasiswa.
Oleh karena itu Kuliah Kerja Lapangan Jurusan Akuntansi 2017 dilaksanakan
dengan mengunjungi dua instansi keuangan pemerintah yaitu Badan Pengawas
Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan juga PT. Yakult Indonesia Persada.
Kunjungan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat menambah wawasan, pengalaman
serta memiliki keahlian yang baik dalam dunia kerja yang berhubungan dengan
akuntansi terutama dalam hubungannya Akuntansi Pemerintahan, Auditing dan
Akuntansi Persediaan, sehingga saat mahasiswa lulus nanti mahasiswa diharapkan
dapat bersaing dalam dunia kerja dengan mahasiswa akuntansi dari Universitas
lain karena telah memiliki kemampuan, pengetahuan serta keahlian yang baik
dalam bidangnya.
B.
Tujuan Kegiatan
Kuliah
Kerja Lapangan ini memiliki tujuan yang banyak dan sangat baik untuk mahasiswa jurusan
akuntansi. Karena dengan adanya KKL ini, mahasiswa banyak mendapatkan manfaat
seperti pengetahuan, pengalaman, dan praktik langsung dalam dunia kerja
sehingga memungkinkan untuk menumbuhkanjiwa profesionalisme kerja dalam diri
mahasiswa.
KKL
jurusan akuntansi ini bertujuan untuk :
1. Mahasiswa
dapat membandingkan dan mencocokan teori yang telah dipelajari saat perkuliahan
dengan teori yang diterapkan di lapangan, khususnya auditng dan pemeriksa
keuangan.
2. Dapat
menambah pengetahuan tentang BPKP yang khususnya penerapan Auditing dan juga
kaitanya dengan PT. Yakult Indonesia Persada khususnya tentang kegiatan keuangan
serta proses produksinya.
3. Mahasiswa
dapat menumbuhkan karakter-karakter yang harus dimiliki pada dunia kerja
nantinya.
C.
Manfaat
Hasil kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Konsentrasi Pendidikan Akuntansi
2017 diharapkan mempunyai kegunaan baik antara lain :
a)
Bagi Mahasiswa
1.) Sarana dalam melatih
keterampilan mahasiswa sesuai dengan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti
perkuliahan.
2.) Kegiatan belajar dalam
mengenal dinamika dan
kondisi nyata dunia kerja.
3.) Menjadikan mahasiswa lebih aktif dalam mempelajari konsep-konsep
terapan dalam akuntansi yang dapat dimanfaatkan pada dunia kerja.
4.) Mendapatkan pengetahuan baru tentang penerapan Auditing dan
Akuntansi Pemerintahan di BPKP Perwakilan Jawa Timur.
5.) Mendapatkan pengetahuan tentang pengendalian proses produksi,
strategi pemasaran dan tata kelola perusahaan PT. Yakult Indonesia Persada.
6.) Mendapatkan tambahan materi akuntansi yang dilakukan di obyek KKL.
b) Bagi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi
1.) Dapat menentukan ilmu yang diberikan telah sesuai dengan harapan
dan dapat digunakan dalam dunia kerja.
2.) Menambah wawasan dalam meningkatkan pengelolaan peningkatan
pelayanan kepada mahasiswa
c)
Bagi Fakultas
1.) Bahan pertimbangan / masukan dalam memajukan fakultas baik baik itu
peningkatan mutu dalam bidang akademis maupun non-akademis.
2.) Untuk menambah wawasan dalam pengelolaan kelembagaan fakultas, terutama
dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada mahasiswa dan penigkatan kualitas
proses belajar mengajar.
d) Bagi Universitas
Dari kegiatan Kuliah Kerja
Lapangan (KKL) konsentrasi Pendidikan Akuntansi 2015 dapat meningkatkan
kerjasama yang baik antara pihak Universitas dan BPKP Perwakilan Jawa Timur dan
PT. Yakult Indonesia Persada yang dijadikan obyek KKL.
D.
Rumusan
Kegiatan
Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang
dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Semarang di Badan Pengawas Keuangan dan
Pembangunan (BPKP) Jawa Timur dan PT. Yakult Indonesia Persada pada dasarnya
mengenalkan mahasiswa pada dunia kerja khusunya pengawasan keuangan dan
auditing serta pengetahuan manajemen produksi PT. Yakult. Kegiatan ini
mendapatkan sambutan yang baik dari pihak BPKP maupun dari pihak PT. Yakult.
Pada kunjungan di BPKP Jawa Timur mahasiswa diterima dengan baik dan diberikan
pengarahan dari pihak BPKP tentang sejarah BPKP, tugas dan fungsi, kegiatan,
sistem pengawasan indonesia, perbedaan dengan BPK dan penerapan Auditing maupun
Akuntansi Pemerintahan. Selain itu kami juga diajak berdiskusi bersama dan
saling tanya jawab tentang BPKP.
Pada
kunjungan yang kedua yaitu kunjungan di PT Yakult Indonesia Persada mahasiswa
diterima oleh juru bicara PT. Yakult. Pada kunjungan ini mahasiswa mendapatkan
banyak materi pengetahuan tentang apa saja yang dilakukan oleh PT Yakult, selain
itu mahasiswa berkesempatan berkeliling melihat proses produksi dari awal
sampai pengepakan produk dengan dijelaskan oleh juru bicara PT. Yakult.
BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
Kantor
Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur
Kegiatan
Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan di Surabaya dab Bali. Di Surabaya mahasiswa
mengunjungi dua instansi yaitu Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
dan PT. Yakult Indonesia Persada. Sedangkan di Bali mahasiswa mengunjungi
beberapa tempat wisata yang tersebar di berbagai objek wisata.
Kegiatan
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan
Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Negeri Semarang bertujuan
ke Surabaya-Bali dari tanggal 24 sampai 29 Juli 2017. Pada 24 agustus 2017, para
peserta KKL diharuskan kumpul terlebih dahulu pukul 17.00 di pelataran gedung L
dikarenakan untuk persiapan melaksanakan apel sekaligus pelepasan sebelum
keberangkatan menuju ke Surabaya-Bali. Selepas apel, peserta melaksanakan solat
magrib dan dilanjut menuju bis masing-masing. Pukul 19.00 rombongan bis KKL
berangkat menuju Surabaya. Rombongan berhenti sejenak di salah satu Pom Bensin
daerah Kudus untuk melakukan solat Isya sekitar jam 21.00. Sesampainya di Surabaya
waktu menunjukkan pukul 03.30, rombongan transit di Hotel Grace untuk ishoma.
Hari ke-2 tertanggal 25 Juli 2017
peserta KKL check out dari Hotel Grace dan persiapan menuju objek kunjungan I
yaitu BPKP Jawa Timur yang berada di Jalan Raya Bandara Juanda, Sidoarjo. Pukul
08.00 peserta KKL rombongan bis 1 berangkat mengunjungi BPKP Jawa Timur, sampai
di sana sekitar jam 09.00. Disini kita disambut ramah oleh para pekerja BPKP. Sebelum
materi disampaiakan, Pak Kiswanto memberikan sambutan mewakili pihak
Universitas dan dilanjut sambutan Bapak Agus Setianto selaku Kepala BPKP Jawa
Timur. Selanjutnya, ada penyampaian materi oleh salah satu Staf disana. Selain
mendapat materi, kami juga berdiskusi bersama serta ada tanya jawab seputar BPKP
dan penerapan akuntansinya.
B.
PT. Yakult Indonesia Persada
Selanjutnya kunjungan kedua, kita bersama
rombongan bis 2 menuju ke PT Yakult Indonesia Persada yang terdapat tak jauh
juga dari kantor BPKP. Sesampainya di kantor PT Yakult, semua peserta KKL menuju
aula pertemuan dan langsung di kasih satu botol Yakult gratis. Tidak lama,
datanglah Bapak juru bicara PT Yakult, beliau langsung menjelaskan materi yang
telah tertera di slide dan mengajak menonton video gambaran perusahaan. Setelah
penyampaian materi selesai, beliau mengajak mahasiswa keliling perusahaan untuk
melihat prsses produksi dari awal sampai
siap di jual. Selama berkeliling, seluruh peserta melihat dan
mendengarkan penjelasan proses dari pembibitan bakteri, pembuatan susu
fermentasi, proses pembuatan botol, pengisisan ke botol hingga pengepakan
produk. Selepas berkeliling, mahasiswa kembali menuju ruang aula perusahaan
untuk berdiskusi dan penyampaian kesan dan pesan. Dan saat masuk kembali
keruangan itu peserta kembali di kasih minuman Yakult beserta snak. Setelah
selesai, rombongan di kasih cinderamata dan foto bersama di ruang loby.
Pukul 16.00 semua rombongan
melanjutkan perjalanan menuju Bali. Kami sampai di pelabuhan Ketapang sekitar
jam 01.00, selanjutnya sekitar jam 04.30 sampai di Rumah Makan Soka Indah
Tabanan untuk transit.
C.
Pura
Luhur Tanah Lot
Selepas transit di RM Soka Indah, jam
07.30 rombongan melanjutkan ke Objek Wisata pertama yaitu Pura Luhur Tanah Lot.
Disana hanya sekitar saju jam, jam 10 kita bergegas menuju ke Pantai Pandawa.
Di tengah perjalanan kami transit sebentar di Rumah Makan Mr. Kuta untuk
ishoma, dan lanjut perjalanan sekitar jam 13.00.
D.
Pantai Pandawa
Kami sampai di Pantai Pandawa jam 14.00.
Seperti biasa, selama perjalanan kita di beri pengetahuan baru oleh tour guide
kami misal tenang tol lau, upacara ngaben, pujamanggalan dan lain sebagainya.
Alhamdulillah saat di Pantai Pandawa cuaca begitu cerah dan pantai itu begitu
eksotis dengan pasir putih serta air laut yang jernih.
E.
Pantai Kuta
Setelah dirasa puas menikmati keindahan
Pantai Pandawa, jam 15.30 rombongan bergegas menuju ke Pantai Kuta. Karena bis
tidak bisa parkir sampai ke dekat pantai, rombongan bersama-sama naik angkot
khusus untuk menuju pantai. Niat kami adalah mencari sunset, namun cuaca tak
begitu mendukung. Jam 18.00 kami kembali ke parkiran bus dan mampir di Krisna
oleh-oleh untuk ishoma dan berbelanja. Setelah dirasa cukup, jam 19.00 kami
menuju ke Hote Quest San untuk beristirahat.
F.
Joger
Hari selanjutnya, kita berkunjung ke
pusat oleh-oleh Joger. Rombongan sampai di lokai jam 10.00. di Joger seluruh
peserta dapat belanja bergbagai macam oleh oleh khas Joger mulai dari kaos,
ganci, baju kemeja dan sebagainya.
G.
Danau Bedugul
Jam 12.00 kami bergegas ke Danau Bedugul
dan sampai di lokasi sekitar 2 jam perjalanan. Di Danau Bedugul seluruh peserta
KKL dapat berfoto ria di sekitar dana, memacu adrenalin dengan speedboat
ataupun sebaatas menikmati pemandangan danau. Jam 15.00 robongan kembali ke
Hotel untuk melanjutkan kegiatan yaitu “ Prom night”. Prom night adalah acara
malam keakraban yang menampilkan berbagai penampilan baik dari mahasiswa
peserta KKL maupun dosen pendamping.
H.
Pasar Sukowati
Di hari terakhir di Bali, jam 08.00 kami
Check Out Hotel dan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Sukowati untuk kembali
memburu oleh-oleh. Setelah dirasa cukup, jam 11.00 robongan bergegas pullang ke
Semarang. Jam 16.00 kami sampai di Pelabukhan Gilimanuk untuk naik kapat feri
selama sekitar satu jam. Kami melakukan merjalanan kembali ke semarangg di
waktu malam dan sampi di kampus kembali jam 06.00 pagi.
BAB III
GAMBARAN UMUM MATERI
KKL
I. PERWAKILAN BPKP PROVINSI JAWA TIMUR
A.
Sejarah
Singkat BPKP
Badan
Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) adalah Lembaga
pemerintah nonkementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di
bidang pengawasan keuangan dan pembangunan yang berupa Audit, Konsultasi,
Asistensi, Evaluasi, Pemberantasan KKN serta Pendidikan dan Pelatihan
Pengawasan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kantor perwakilan BPKP Jawa
Timur berada di Jl. Raya Bandara Juanda No.38, Sidoarjo, Jawa Timur.
Sejarah Badan Pengawasan Keuangan dan
Pembangunan (BPKP) tidak dapat dilepaskan dari sejarah panjang
perkembangan lembaga pengawasan sejak sebelum era kemerdekaan. Secara garis
besar sejarah BPKP dapat dilihat pada tabel 1.1:
Sejarah BPKP
|
||
PERATURAN PENDIRIAN
|
NAMA ORGANISASI
|
TUGAS
|
Besluit Nomor 44 tanggal 31 Oktober 1936
|
Djawatan Akuntan Negara (Regering Accountantsdienst)
|
Penelitian terhadap pembukuan dari berbagai perusahaan negara dan jawatan
tertentu
|
Perpres 9 Tahun 1961
|
Djawatan Akuntan Negara (DAN)
|
Sebagai akuntan bagi pemerintah atas semua departemen, jawatan, dan
instansi di bawah kekuasaannya
|
Keppres 239 Tahun 1966
|
Direktorat Djendral Pengawasan Keuangan Negara (DDPKN)
|
Pengawasan anggaran dan pengawasan badan usaha/jawatan
|
Keppres 31/1983 tanggal 30 Mei 1983
|
Badann Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
|
Melaksanakan tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang
pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional
|
Keppres 103/2001 yang telah diubah terakhir dengan Perpres 192/2014
|
Tabel
1.1 Sejarah ringkas BPKP Indonesia
Dengan Besluit Nomor 44 tanggal 31 Oktober 1936
secara eksplisit ditetapkan bahwa Djawatan Akuntan Negara (Regering
Accountantsdienst) bertugas melakukan penelitian terhadap pembukuan dari
berbagai perusahaan negara dan jawatan tertentu. Dengan demikian, dapat
dikatakan aparat pengawasan pertama di Indonesia adalah Djawatan Akuntan Negara
(DAN). Secara struktural DAN yang bertugas mengawasi pengelolaan perusahaan
negara berada di bawah Thesauri Jenderal pada Kementerian Keuangan.
Dengan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 1961 tentang
Instruksi bagi Kepala Djawatan Akuntan Negara (DAN), kedudukan DAN dilepas dari
Thesauri Jenderal dan ditingkatkan kedudukannya langsung di bawah Menteri
Keuangan. DAN merupakan alat pemerintah yang bertugas melakukan semua pekerjaan
akuntan bagi pemerintah atas semua departemen, jawatan, dan instansi di bawah
kekuasaannya. Sementara itu fungsi pengawasan anggaran dilaksanakan oleh
Thesauri Jenderal. Selanjutnya dengan Keputusan Presiden Nomor 239 Tahun 1966
dibentuklah Direktorat Djendral Pengawasan Keuangan Negara (DDPKN) pada
Departemen Keuangan. Tugas DDPKN (dikenal kemudian sebagai DJPKN) meliputi
pengawasan anggaran dan pengawasan badan usaha/jawatan, yang semula menjadi tugas
DAN dan Thesauri Jenderal.
DJPKN mempunyai tugas melaksanakan pengawasan
seluruh pelaksanaan anggaran negara, anggaran daerah, dan badan usaha milik
negara/daerah. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 70 Tahun 1971 ini, khusus
pada Departemen Keuangan, tugas Inspektorat Jendral dalam bidang pengawasan
keuangan negara dilakukan oleh DJPKN.
Dengan diterbitkan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun
1983 tanggal 30 Mei 1983. DJPKN ditransformasikan menjadi BPKP, sebuah lembaga
pemerintah non departemen (LPND) yang berada di bawah dan bertanggung jawab
langsung kepada Presiden. Salah satu pertimbangan dikeluarkannya Keputusan Presiden
Nomor 31 Tahun 1983 tentang BPKP adalah diperlukannya badan atau lembaga
pengawasan yang dapat melaksanakan fungsinya secara leluasa tanpa mengalami
kemungkinan hambatan dari unit organisasi pemerintah yang menjadi obyek
pemeriksaannya. Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1983 tersebut menunjukkan
bahwa Pemerintah telah meletakkan struktur organisasi BPKP sesuai dengan
proporsinya dalam konstelasi lembaga-lembaga Pemerintah yang ada. BPKP dengan
kedudukannya yang terlepas dari semua departemen atau lembaga sudah barang
tentu dapat melaksanakan fungsinya secara lebih baik dan obyektif.
Tahun 2001 dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 103
tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi, dan Tata
Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen sebagaimana telah beberapa kali
diubah,terakhir dengan Peraturan Presiden No 64 tahun 2005. Dalam Pasal 52
disebutkan, BPKP mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang
pengawasan keuangan dan pembangunan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
yang berlaku.
Gambar
1.1 Logo Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan
Pendekatan yang dilakukan BPKP diarahkan lebih
bersifat preventif atau pembinaan dan tidak sepenuhnya audit atau represif.
Kegiatan sosialisasi, asistensi atau pendampingan, dan evaluasi merupakan
kegiatan yang mulai digeluti BPKP. Sedangkan audit investigatif dilakukan dalam
membantu aparat penegak hukum untuk menghitung kerugian keuangan negara.
Pada masa reformasi ini BPKP banyak mengadakan
Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan pemda dan
departemen/lembaga sebagai mitra kerja BPKP. MoU tersebut pada umumnya membantu
mitra kerja untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mencapai good
governance.
Sesuai arahan Presiden RI tanggal 11 Desember 2006,
BPKP melakukan reposisi dan revitalisasi fungsi yang kedua kalinya. Reposisi
dan revitalisasi BPKP diikuti dengan penajaman visi, misi, dan strategi. Visi
BPKP yang baru adalah "Auditor Intern Pemerintah yang Proaktif dan
Terpercaya dalam Mentransformasikan Manajemen Pemerintahan Menuju Pemerintahan
yang Baik dan Bersih".
Pada akhir 2014, sekaligus awal pemerintahan Jokowi,
peran BPKP ditegaskan lagi melalui Peraturan Presiden Nomor 192 Tahun 2014
tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. BPKP berada dibawah dan
bertanggung jawab langsung kepada Presiden dengan tugas menyelenggarakan
urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/ daerah dan
pembangunan nasional.
Selain itu Presiden juga mengeluarkan Instruksi
Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Peningkatan
Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi
Pengawasan Intern Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat dengan
menugaskan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk
melakukan pengawasan dalam rangka meningkatkan penerimaan negara/daerah serta
efisiensi dan efektivitas anggaran pengeluaran negara/ daerah, meliputi:
a.
audit dan evaluasi terhadap pengelolaan penerimaan pajak, bea dan cukai;
b.
audit dan evaluasi terhadap pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak pada
Instansi Pemerintah, Badan Hukum lain, dan Wajib Bayar;
c.
audit dan evaluasi terhadap pengelolaan Pendapatan Asli Daerah; d. audit dan
evaluasi terhadap pemanfaatan aset negara/ daerah;
e.
audit dan evaluasi terhadap program/kegiatan strategis di bidang kemaritiman,
ketahanan energi, ketahanan pangan, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan;
f.
audit dan evaluasi terhadap pembiayaan pembangunan nasional/daerah;
g.
evaluasi terhadap penerapan sistem pengendalian intern dan sistem pengendalian
kecurangan yang dapatmencegah, mendeteksi, dan menangkal korupsi;
h.
audit investigatif terhadap penyimpangan yang berindikasi merugikan keuangan
negara/daerah untuk memberikan dampak pencegahan yang efektif;
i.
audit dalam rangka penghitungan kerugian keuangan negara/daerah dan pemberian
keterangan ahli sesuai dengan peraturan perundangan.
B.
Visi
dan Misi BPKP
Visi
Auditor Presiden yang responsif, interaktif dan terpercaya untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan negara yang berkualitas
Misi
1. Menyelenggarakan Pengawasan Intern terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara dan Pembangunan Nasional guna Mendukung Tata Kelola Pemerintahan dan Korporasi yang Bersih dan Efektif;
2. Membina Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang Efektif; dan
3. Mengembangkan Kapasitas Pengawasan Intern Pemerintah yang Profesional dan Kompeten
4. Menyelenggarakan sistem dukungan pengambilan keputusan yang andal bagi presiden/pemerintah.
C.
Nilai-nilai
BPKP (PIONIR)
Setiap
organisasi memiliki nilai-nilai luhur untuk mengendalikan organisasi itu yang
merupakan suatu identitas khusus. BPKP memiliki beberapa nilai-nilai yang
disebut PIONIR, yaitu:
Gambar
1.2 Nilai-nilai PIONIR
- Profesional, yaitu memiliki standar profesi, etika dan keahlian yang mumpuni.
- Integritas, yaitu dipercaya oleh nasabah sebagai lembaga yang baik dan memberikan pelayanan yang prima.
- Orientasi Pengguna, yaitu memberikan pelayanan/jasa yang berorientasi pada pengguna.
- Nurani dan Akal Sehat, yaitu memiliki nurani dan akal sehat sehingga dalam memberikan pelayan dengan senang hati dari lubuhk hati terdalam.
- Independen, yaitu kepada pihak lain harus bersikap independen sehingga tidak terikat dengan suatu pihak.
- Responsibel, yaitu cepat tanggap serta bertanggungjawab.
D.
Tugas
dan Fungsi
Sesuai dengan Pasal 2 dan 3
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 192 Tahun 2014 Tentang Badan
Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). BPKP mempunyai tugas
menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan
negara/daerah dan pembangunan nasional.
Dalam
melaksanakan tugasnya, BPKP menyelenggarakan fungsi:
1. Perumusan
kebijakan nasional pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan
negara/daerah dan pembangunan nasional meliputi kegiatan yang bersifat lintas
sektoral, kegiatan kebendaharaan umum negara berdasarkan penetapan oleh Menteri
Keuangan selaku Bendahara Umum Negara, dan kegiatan lain berdasarkan penugasan
dari Presiden;
- Pelaksanaan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban akuntabilitas penerimaan negara/daerah dan akuntabilitas pengeluaran keuangan negara/daerah serta pembangunan nasional dan/atau kegiatan lain yang seluruh atau sebagian keuangannya dibiayai oleh anggaran negara/daerah dan/atau subsidi termasuk badan usaha dan badan lainnya yang didalamnya terdapat kepentingan keuangan atau kepentingan lain dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah serta akuntabilitas pembiayaan keuangan negara/ daerah;
- Pengawasan intern terhadap perencanaan dan pelaksanaan pemanfaatan aset negara/daerah;
- Pemberian konsultansi terkait dengan manajemen risiko, pengendalian intern, dan tata kelola terhadap instansi/badan usaha/badan lainnya dan program/ kebijakan pemerintah yang strategis;
- Pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program dan/atau kegiatan yang dapat menghambat kelancaran pembangunan, audit atas penyesuaian harga, audit klaim, audit investigatif terhadap kasus-kasus penyimpangan yang berindikasi merugikan keuangan negara/daerah, audit penghitungan kerugian keuangan negara/daerah, pemberian keterangan ahli,dan upaya pencegahan korupsi;
- Pengoordinasian dan sinergi penyelenggaraan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional bersama-sama dengan aparat pengawasan intern pemerintah lainnya;
- Pelaksanaan reviu atas laporan keuangan dan laporan kinerja pemerintah pusat;
- Pelaksanaan sosialisasi, pembimbingan, dan konsultansi penyelenggaraan sistem pengendalian intern kepada instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan badan-badan yang di dalamnya terdapat kepentingan keuangan atau kepentingan lain dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah;
- Pelaksanaan kegiatan pengawasan berdasarkan penugasan Pemerintah sesuai peraturan perundang-undangan;
- Pembinaan kapabilitas pengawasan intern pemerintah dan sertifikasi jabatan fungsional auditor;
- Pelaksanaan pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan di bidang pengawasan dan sistem pengendalian intern pemerintah;
- Pembangunan dan pengembangan, serta pengolahan data dan informasi hasil pengawasan atas penyelenggaraan akuntabilitas keuangan negara Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah;
- Pelaksanaan pengawasan intern terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di BPKP; dan
- Pembinaan dan pelayanan administrasi umum di bidang perencanaan umum, ketatausahaan, organisasi dan tatalaksana, kepegawaian, keuangan, kearsipan, hukum, kehumasan, persandian, perlengkapan dan rumah tangga.
E.
Struktur
Organisasi
Dalam menjalankan fungsinya, BPKP memiliki susunan organisasi sebagaimana
terlihat dalam bagan Struktur Organisasi berikut:
Bagan 1.1 Struktur organisasi BPKP
Indonesia
Dalam sruktur organisasi BPKP
Pusat meliputi Kepala, lalu dibawahnya ada Sekretariat Utama. Selanjutnya,
membawahi berbagai Deputi yang meliputi:
-
Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintaha Bidang
Perekonomian dan Kemaritiman
-
Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintaha Bidang
Polhumkam, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
-
Deputi Bidang Pengawasan Penyeenggaraan Keuangan Daerah
-
Deputi Bidang Akuntan negara
-
Deputi Bidang Investigasi
Selain berbagai Deputi diatas, Kepala juga
membawahi Inspektorat, Pusdiklatwas, Pusdikbangwas, Pusinfowas dan Pusbin JFA.
Baru setelah itu, di jajaran paling bawah yaitu Perwakilan BPKP.
Berikut ini adalah Struktur Organisasi
Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur:
o
Kepala Perwakilan: Agus Setianto
o Kabag.
TU: Gandamana Rantjalobo
o Kasubag
Keuangan: Sumardi
o Kasubag
Kepegawaian: Anang Dermawan
o Kasubag
Umum: Apep Amirudin
Secara ringkas dapat dilihat pada gambar di bawah
ini:
Gambar 1.3 Struktur Organisasi
Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur per 1 Januari 2017
F.
Kegiatan
BPKP
Badan Pengawas Keuangan
dan Pembangunan (BPKP) memiliki 4 kegiatan utama, yaitu:
1. Audit
Mengaudit APBN, Kinerja
BUMN/D, Pinjaman Hibah Luar Negeri (PHLN), Penerimaan Negara, Investigasi, dll.
2. Konsultasi,
Asistensi dan Evaluasi
Meliputi
Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP), Sistem Pengendalian
Internal Pemerintah (SPIP), Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Good Corporate
Governence BUMN/D, dll
3. Pemberantasan
KKN
Meliputi
Sosialisasi Program anti Korupsi (SOSPAK), Perhitungan Kerugian keuangan Negara
(PKKN), Front Control Planning (FCP), dll
4. Diklat
Pengawasan
Meliputi
Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor (JFA), Sertifikasi JFA, dll.
Bagan
1.2 Kegiatan BPKP
G.
Pendekatan
Dalam Pelaksanaan Tugas
Dalam melaksanakan
tugas-tugasnya, BPKP menggunakan pendekatan berikut ini:
1. Preventif
(consulting)
Dengan melakukan
sosialisasi/seminar, pendampingan dan Focus Group Discussion.
2. Represif
(assurance)
Dengan melakukan Audit,
evaluasi, reviu dan pemantauan serta perhitungan kerugian keuangan negara.
H.
Struktur
Pengawasan di Indonesia
Di Lembaga Eksekutif Pemerintahan ada berbagai
lembaga pengawasan (APIP) internal, yaitu BPKP yang setingkat dengan
Kementrian. Kementrian itu sendiri juga memiliki pengawasan sendiri yang
disebut Itjen (Inspektorat Jendral). Selanjutnya, di tingkat provinsiatau kota
juga terdapat Inspektorat Prov/Kab/Kota. Di pengawasan ekternal pemerintahan
meliputi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan
Masyarakat secara langsung.
Gambar 1.4 Struktur Pengawasan di
Indonesia
I.
Perbedaan
BPKP dengan BPK
BPKP adalah aparat pengawasan intern pemerintah yang
bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebagaimana diamanatkan dalam dalam
PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP),
BPKP melakukan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara atas
kegiatan tertentu yang meliputi:
a. kegiatan
yang bersifat lintas sektoral;
b. kegiatan
kebendaharaan umum negara berdasarkan penetapan oleh Menteri Keuangan selaku
Bendahara Umum Negara; dan
c. kegiatan
lain berdasarkan penugasan dari Presiden.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 192 Tahun
2014 Tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyebutkan bahwa
BPKP mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan
keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional.
BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) adalah lembaga negara
yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
(UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan).
BPK menyerahkan hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan
tanggung jawab keuangan negara kepada DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan
kewenangannya.
II. PT YAKULT INDONESIA PERSADA
A.
Sejarah
Singkat PT Yakut Indonesia Persada
PT Yakult Indonesia Persada berdiri sejak 2 Februari
1990 dan mulai melakukan produksi pada Januari 1991. Perusahaan ini berstatus
PMA 100% sebagai pemegang lisensi dari Yakult Honsha Co., Ltd., Jepang. Kantor
pusat perusahaan ini berada di Gedung Antam Office Park Tower B Lt. 16, Jl.
T.B. Simatupang No. 1, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Perusahaan ini memiliki
dua lokasi produksi, yaitu:
§ Desa
Pesawahan Cicurug, Sukabumi - Jawa Barat
Pabrik
ini mulai beroperasi sejak 1 April 1997 dengan luas tanah 50.000 m2
dan luas bangunan 12.925 m2. Kapasitas produksinya yaitu 3.650.000
botol tiap hari.
§ Ngoro
Industrial Park, Mojokerto – Jawa Timur
Pabrik
ini mulai beroperasi sejak 20 Januari 2014 dengan luas tanah 52.500 m2
dan luas bangunan 9.458,78 m2. Kapasitas produksinya yaitu 3.650.000
botol tiap hari.
Gambar 2.1 Pabrik Yakult Sukabumi Gambar 2.2 Pabrik Yakult Mojokerto
Bersama dengan perusahaan Yakult di seluruh dunia,
Yakult Indonesia berusaha untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan bahagia. Yakult
Adalah minuman susu fermentasi yang mengandung bakteri bermanfaat L/ casei Shirota strain hidup. Pada
tahun 1930 Dr. Minoru Shirota, seorang dokter lulusan Kyoto Imperial
University-Jepang, berhasil menemukan bakteri asam laktat yang bermanfaat untuk
menekan pertumbuhan bakteri merugikan yang hidup di dalam usus manusia. Bakteri
ini kemudian dinamakan Lactobacillus
casei Shirota strain. Bakteri ini memiliki berbagai keunggulan, diantaranya
terbukti aman bagi manusia, tahan asam lambung & cairan empedu, tetap hidup
sampai di usus kecil dan terbukti bermanfaat.
Untuk mendukung usaha penelitian pada bakteri yang
bermanfaat bagi kesehatan manusia, pada tahun 1967 didirikan Pusat Penelitian
Mikrobiologi Yakult (Yakult Central Institute) di Tokyo, Jepang. Yakult
Institute telah melakukan beragam penelitian untuk mengembangkan produk-produk
dengan menggunakan bakteri yang bermanfaat.
B.
Produk
Yakult
Yakult adalah minuman susu fermentasi yang
mengandung Lactobacillus casei Shirota
strain yang dapat mencapai usus dalam keadaan hidup.S atu botol minuman
Yakult mengandung 6,5 milyar bakteri Lactobacillus
casei Shirota strain yang bermanfaat untuk membantumenjaga
kesehatanpencernaan dan menekan pertumbuhan bakteri merugikan di dalam
pencernaan. Minuman ini menggunakan berbagai bahan baku meliputi: air, sukrosa,
susu bubuk skim, dekstrosa, perisa identik alami dan kultur bakteri asam laktat
(Lactobacillus casei Shirota strain)
Lactobacillus
casei Shirota strain yang terdapat dalam minuman Yakult
memiliki manfaat untuk membantu:
-
Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik
di dalam usus
-
Menekan pertumbuhan bakteri merugikan
-
Mengurangi racun dalam tubuh
-
Mencegah gangguan pencernaan seperti
sembelit atau diare
-
Meningkatkan kualitas kekebalan tubuh
Produk Yakult juga memiliki berbagai keistimewaan
yaitu tanpa zat pengawet dan pewarna, satu rasa dan satu warna, dibuat secara
hyginis dan telah berstandar ISO 22000 : 2005.
C.
Proses
Produksi
Setiap tahapan proses produksi Yakult harus memenuhi
standar internasional secara ketat dan higienis untuk menjamin kualitas produk
dan proses produksi dilakukan dengan cara-caraa yang ramah lingkungan. Pabrik
Yakult menggunakan mesin otomatis dan sistem tertutup, yang merupakan standar
bagi seluruh pabrik Yakult di penjuru dunia dan seluruh perlengkapan produksi
menggunakan bahan stainless steel terbaik yang berkualitas.
Untuk
menghasilkan produk yang aman dengan kualitas terbaik, Yakult Indonesia
menerapkan proses produksi berdasarkan manajemen keamanan pangan sesuai standar
ISO 22000:2005. Selain itu, Yakult juga mengambil tindakan lebih lanjut dalam
menerapkan sistem manajemen kualitas sendiri yang ketat berdasarkan standar
sertifikasi tersebut. Dengan demikian, perusahaan telah menciptakan jaminan
kualitas yang tinggi untuk menghasilkan produk yang aman dan berkualitas.
Gambar
2.3 Standar prosedur sebeum melakukan proses produsi
Agar menjamin proses produksi serta penanaganan
pruduk Yakult yang benar-benar higienis, perusahaan menerapkan suatu standar
prosedur yang dibakukan. Sebagai cuntoh, pintu masuk karyawan dilengkapi dengan
pembersih sepatu otomatis. Selain itu, pintu-pintu di ruang produksi hanya
dapat dibuka apabila karyawan telah mencucihamakan kedua tangannya. Setelah itu
sebelum memasuki ruang produksi, karyawan kami harus melalui air shower, yang
berfungsi untuk membersihkan pakaian mereka dari kotoran yang menempel.
Gambar
2.4 Proses Produksi Yakult
Proses produksi Yakult terbagi menjadi 8, yaitu:
Ø Proses pembuatan Seed Starter
(Proses A)
Skim milk powder dan
Glukosa dilarutkan dengan air kemudian disterilisasi dan difermentasi dengan
penambahan Lactobacillus casei Shirota
strain di dalam tangki pembibitan (seed tank).
Ø Proses Pembuatan Susu Fermentasi
(Proses B)
-
Susu bubuk skim dan glukosa di tuang ke
dalam Silo
-
Susu bubuk skim dan glukosa dari Silo Tank
selanjutnya dilarutkan menggunakan air panas di dalam Disolving Tank
-
Setelah proses pelarutan sempurna,
larutan difilter dan ditransfer ke mesin Ultra High Temperature (UHT) untuk
disterilisasi dengan temperatur tertentu. Dari mesin UHT selanjutnya larutan
susu steril ini ditransfer ke Culture Tank.
-
Untuk mendapatkan warna khas Yakult ,
susu dipanaskan dengan temperatur tertentu
-
Proses penambahan seed starter (lihat
proses A)
-
Proses fermentasi sejak proses seeding
sampai didapatkannya suatu standar mutu yang ditetapkan
-
Susu fermentasi yang telah memenuhi
standar mutu selanjutnya dihomogenisasi mengguankan mesin homogenizer
Ø Proses Pembuatan Sirup (Proses C)
-
Sukrosa (gula rafinasi) di tuang ke
dalam Silo Tank
-
Sukrosa (gula rafinasi) dari Silo Tank
selanjutnya dilarutkan menggunakan air panas di dalam Disolving Tank
-
Setelah larut sempurna, sirup di tranfer
ke mesin HTST (Hight Temperatur Short Time) untuk di sterilisasi
Ø Proses Mixing-1 (Proses D)
Proses mixing-1 adalah
proses dimana susu fermentasi dari mesin Homogenizer (Hasil proses B)
ditransfer ke Storage Tank yang sudah berisi denngan sirup steril (Hasil Proses
C). Hasil dari proses ini disebut sebagai Yakult Concertate (YACON).
Ø Proses Sterilisasi Air (Proses E)
Air yang sudah mendapatkan perlakuan
awal selanjutnya disterilisasi dengan mesin ultraviolet (UV) dan ditampung
sebagai AIR STERIL di dalam Water Tank.
Ø Proses Pembotolan dan Pengepakan
-
Botol-botol Polistyrene dihasilkan oleh
mesin Moulding, Yakult dibotolkan secsrs otomatis oleh mesin pengisi dn ditutup
dengan alumunium foil. Setiap botol Yakult memiliki volume 65 ml
-
Yakult yang sudah dibotolkan kemudian
selanjutnya dikemas menggunakan botol Multi yang terdiri dari 5 botol/pak dan
dikemas lagi menjadi kemasan Repack yang terdiri dari 10 pak multi/pak (=50
botol)
Ø Penyimpanan Dingin
Yakult yang sudah dikemas selanjutnya
disimpan dalam “COLD STORAGE”.
Gambar
2.5 Proses Pengolahan Limbah
Untuk
ikut menjaga kelestarian lingkungan, pabrik Yakult Indonesia telah membangun
sistem pengelolahan air limbah dengan mengguanakan teknologi yang diciptakan
oleh Yakult Jepang. Sistem ini menggunakan botol Yakult tanpa dasar yang
diletakkan dalam tangki pengolahan limbah dimana kemudian beragam
mikroorganisme menempati bagian dalam dan luar botol Yakult tersebut.
Mikroorganisme ini mengurai ddan mengolah zat-zatorganik yang membuat keruh air
sehingga menghaasilkan air yang jernih.
D.
Sistem
Distribusi
Disamping mengirimkan dan menjelaskan manfaat
Yakult, perusahaan berkewajiban menjaga mutu terrbaik produk. Oleh karena itu,
perusahaan mengawasi langsung penanganan produk sejak selesai diproduksi hingga
sampai ke tangan pelanggan. Perusahaan Yakult mengunakan dua sistem distribusi,
yaitu direct sales dan yakult lady.
§ Direct
Sales
Untuk menjamin ketersediaan Yakult di
supermarket, minimarket, toko, kantin dan gerai lainnya, staff penjualan
perusahaan menggunakan kendaraan berrpendingin, ke seluruh wilayah yang
tersebar di pullau Jawa, Madura, Bali, NTB, Sumatera, Batam, Bangka, Kalimantan
dan Sulawesi.
Selain itu, staff penjualan perusahaan juga
memberikan penjelasan mengenai manfaat Yakult kepada pelanggan menggunakn
kegiatan sampling di beberapa supermarket besar, serta penempatan sales
promotion di supermarket untuk memberikan penjelasan kepada pelanggan.
§ Yakult
Lady
Agar dapat mengirimkan Yakult dengan
kualitas terbik dimanapun dan kapanpun, diciptakan sistem pengiriman melalui
Yakult Lady, yang mengantarkan Yakult langsung ke tangan pelanggan walau hanya
1 botol.
Selain mengantarkan Yakult, para Yakult
Lady juga melakukan kaomunikasi dan memberikan informasi kesehatan kepada
pelanggan, sehingga Yakult Lady disebut pula sebagai “Pusat Informasi
Berjalan”. Sistem Yakult Lady ini tersebar di pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok,
Sumatera. Batam, Bangka, Kalimantan dan Sulawesi.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan
salah satu program yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan untuk mahasiswa
semester empat. KKL yang diselenggarakan selama enam hari di kawasan
Surabaya-Bali ini selain dimanfaatkan mengunjungi instansi pemerintahan dan
perusahaan seperti Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta PT
Yakult, namun juga meliputi kegiatan wisata ke Tanah Lot, Pantai Pandawa,
Pantai Kuta, Danau Bedugul, Joger dan Pasar Sukowati.
Dari
kunjungan pertama ke Perwakilan BPKP Jawa Timur, mahasiswa dapat mengetahui apa
itu BPKP, struktur organisasi, kegiatan, tugas serta sedikit pemahaman mengenai
penerapan akuntansi pemerintahan serta auditing di BPKP. Kunjungan ke dua ke PT.
Yakult Indonesia Persada, mahasiswa mendapat banyak ilmu baru tentang sejarah,
proses produksi, pengolahan limba serta manajemen distribusi di PT Yakult.
Selain
itu, dengan serangkaian kegiatan wisata serta hiburan selama KKL berlangsung,
mahasiswa saling menjalin hubungan yang lebih akrab satu sama lainnya baik
antar kelas maupun antar bus. Sehingga tercipta rasa kebersamaan yang mungkin
sulit dirasakan jika saja KKL tidak terlaksana.
B. SARAN
Dari pelaksanaan KKL
yang telah dijalani, penulis
memiliki beberapa saran yang diharapkan dapat menjadi masukan demi perbaikan pelaksanaan
program ini di masa mendatang, diantaranya:
1. Pihak Universitas diharapkan
dapat mempersiapkan
program ini lebih
matang sehingga tidak terkesan mendadak dan
apa
yang menjadi
tujuan dari program ini benar-benar dapat dirasakan oleh mahasiswa.
2. Dalam pemilihan tempat
kunjungan,
sebaiknya memilih tempat yang sesuai dengan
bidang studi yang
dijalani mahasiswa sehingga apa yang
didapat selama program berlangsung sejalan dengan yang diharapkan mahasiswa.
3. Di masa mendatang diharapkan pihak Universitas dan Fakultas sendiri yang merancang dan mengagendakan program ini secara detail sehingga ketika pelaksanaannya, setiap kegiatan yang berlangsung memiliki
porsi yang pas dan merata sesuai dengan waktu pelaksanaan yang telah dialokasikan dan
kejadian yang terjadi
tahun ini dimana kegiatan wisata
lebih mendominasi dibandingkan kegiatan intinya (kunjungan ke
perusahaan) tidak terulang kembali.
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
DOKUMENTASI
Suasana
Penyampaian materi di kantor BPKP
Foto
bersama pihak BPKP Jawa Timur
Suasana
KKL di PT Yakult
Penyampaian
materi di PT Yakult
Foto
bersama pihak PT Yakult
Foto
bersama di Objek Pura Luhur Tanah Lot
Foto
bersama di Pantai Pandawa
Foto
bersama saat Prom Night
Sekian contoh laporan KKL saya, untuk versi pdf dengan tata letak rapih, foto, dll dapat di download disini
Terimakasih atas kunjungannya
No comments:
Post a Comment